Sabtu, 28 Juli 2012

Cara Mengecek atau Mencari IP Sebuah Website


Setiap situs atau website yang ada di internet pasti memiliki sebuah IP atau Internet Protocol, dan dengan mengetahui IP dari situs atau website tersebut berguna untuk mengetahui lokasi fisik web tersebut. Masalahnya lokasi ini tidak secara otomatis di tampilkan di dalam browser anda, lalu bagaimana cara mengecek IP sebuah website.

Jawabannya sebagai berikut:
  • Menggunakan fasilitas ping untuk mencari alamat IP sebuah situs dengan cara mencoba menghubungi situs dengan dengan nama dan akan melaporkan kembali alamat IP yang ditemukan. Misalnya dengan memasukan perintah "ping website.com"

    Terkadang situs-situs besar tidak mengirimkan perintah ping balasan, tetapi alamat IP sebuah situs tetap diperoleh. Metode ping ini akan gagal jika website yang kita tuju sedang mengalami down pada server mereka, atau bisa juga karena komputer anda tidak terhubung dengan internet saat melakukan perintah ping ini.
  • Cara yang kedua bisa dengan menggunakan fasilitas WHOIS. Whois adalah sebuah sistem database yang mampu melacak sebuah situs dengan lebih lengkap, dari alamat IP website tersebut juga tanggal pendaftaran sebuah website, bahkan juga menampilkan siapa pemilik website tesebut.

    Untuk menggunakan cara yang kedua ini silahkan anda mengunjungi situs penyedia layanan ini, salah satunya anda bisa pergi ke situs "http://who.is/whois". Ketikan situs yang aku berikan pada browser anda kemudia setelah terhubung silahkan anda memasukan alamat website yang manapun yang anda inginkan, maka situs ini akan menampilkan data-data whois yang aku jelaskan diatas tadi.
 Oke sekarang silahkan anda mencobanya sendiri.

Tidak ada komentar: